Pemkab Banyumas Segera Bangun Pasar Proliman dan Kemukusan

Kabupaten Banyumas

Pemkab Banyumas Segera Bangun Pasar Proliman dan Kemukusan

 

Purwokerto - Pemerintah Kabupaten Banyumas, pada tahun 2019 akan merevitalisasi dua pasar rakyat atau pasar tradisional dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dan APBD. Dua pasar yang akan direvitalisasi terdiri atas Pasar Proliman di Kelurahan Karangpucung, Kecamatan Purwokerto Selatan, dan Pasar Kemukusan, Kecamatan Sumbang. Revitalisasi dan pemeliharaan pasar-pasar tersebut ditujukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung maupun pedagang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas Yuniyanto mengatakan total anggaran untuk merevitalisasi dua pasar tradisional tersebut sekitar Rp 3 miliar ada 1,3 M dan 1,7 M. Tekait rencana pebangunan saat ini Disperindag sedang menyiapkan speck dan HPS untuk segera dikirim ke Bagian Layanan Pengadaan (ULP) untuk dilaksanakan lelang.

Selain revitalisasi dua pasar tradisional itu, Pemkab Banyumas juga akan melakukan pemeliharaan atau perbaikan Pasar Wangon dengan alokasi anggaran sebesar Rp1,8 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Banyumas. Saat ini apabila hujan deras Pasar Wangon banjir karena tersumbatnya drainase yang kurang lebar serta talang dan atap banyak yang bocor.

Yuniyanto menambahkan di Kabupaten Banyumas terdapat sebanyak 40 pasar desa yang dikelola oleh pemerintah desa setempat, dengan kondisi bervariasi, ada yang sudah bagus dan ada yang belum, ada yang sudah direvitalisasi dan ada yang belum. Sementara untuk 25 pasar yang dikelola Pemkab Banyumas melalui Dinperindag, beberapa di antaranya sudah direvitalisasi sedangkan sisanya akan dilakukan secara bertahap.

“Beberapa pasar yang sudah direvitalisasi di antaranya Pasar Manis Purwokerto, Pasar Kembaran, dan Pasar Jatilawang. Selain itu, ada juga dua pasar yang dikelola Perusahaan Daerah Pasar Satria, yaitu Pasar Kliwon Karanglewas dan Pasar Cilongok," katanya.

Terkait dengan revitalisasi yang telah dilakukan terhadap Pasar Manis, dia mengaku bersyukur karena hal itu telah menjadikan Pasar Manis mendapat penghargaan dalam kategori Pengelola Pasar Terbaik I Tingkat Nasional.

"Pasar Manis selama ini memang sudah kami kelola supaya lebih bagus dan kami juga sudah mengupayakan bahwa Pasar Manis sudah berstandar nasional Indonesia, SNI 8112:2015," katanya


Selasa, 26 Maret 2019