Bupati Banyumas Pimpin Apel Perdana Usai Libur Lebaran

Kabupaten Banyumas

 

Bupati Banyumas Pimpin Apel Perdana Usai Libur Lebaran

 

PURWOKERTO : Bupati Banyumas Ir Achmad Husein memimpin apel perdana usai libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H dijajaran Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan dan Badan Keuangan Daerah Senin (10/6/2019) di halaman Pendapa Si Panji. Apel perdana diikuti Wakil Bupati, Sekda, Asisten Sekda, Staf Ahli, Kepala BKD, Sekretaris DPRD, para Kepala Bagian dan aparatur sipil negara (ASN) dan non ASN di lingkungkan Sekda, Setwan dan BKD. Apel perdana ini sekaligus dirangkaikan dengan pelaksanaan halal bi halal dan bersalam-salaman untuk pererat silaturahmi antar aparatur.

Bupati Banyumas meminta kepada Bagian Organisasi agar mengecek dan menindaklanjuti 3 orang ASN yang tidak ikut apel pagi. Menurut Bupati dari laporan kepala bagian 1 orang sakit dan 2 orang terlambat hadir, namun yang tidak ikut apel bukan berarti membolos maka harus di cros cek.

Pada apel perdana ini, Bupati tidak lagi mengingatkan tentang kerja keras, kerja cerdas serta kerja dengan iklas. Tetapi yang diminta Bupati yaitu mengajak seluruh ASN giat berolahraga agar badannya tetap sehat sehingga bisa melayani masyarakat dengan baik. Dia juga meminta peran serta ASN dalam penanganan sampah dan kemiskinan. Meski prestasi Banyumas di berbagai bidang cukup banyak dibandingkan dengan daerah lain, menurut Bupati itu akan kurang bermakna apabila masih terdapat permasalahan sampah dan kemiskinan.

“Pada tahun 2018, Banyumas dinilai paling sukses dalam progres penurunan angka kemiskinan, namun itu tak boleh berhenti, jangan cuma menjadi catatan, saya minta terus dilanjutkan, bahkan nanti semua kepala SKPD akan ikut bertanggungjawab atau membawahi salah satu desa untuk pengentasan kemiskinan di Banyumas yang masih ada sekitar 30 % desa yang dinilai paling miskin,” katanya

Terkait dengan sampah Bupati minta ASN untuk menjadi contoh, dengan mengelola sampah dirumah terutama sampah organik. Karena menurut Bupati sampah organik bisa menjadi pupuk cair maupun bisa menjadi makanan maggot/blatung yang bisa digunakan untuk pakan ternak dan ikan.

"Jangan sampai ada sampah keluar rumah selain sampah yang terbuat dari plastik. Semua sampah organik atau sampah yang mudah busuk bisa dibuat pupuk organik dengan disemprot menggunakan cairan probiotik serta untuk ternak maggot" katanya.

Usai apel pagi dilanjutkan jabat tangan antara Bupati Achmas Husein beserta Istri, Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono beserta Istri, Sekda Wahyu Budi Saptono beserta istri, Asisten beserta Istri serta para pejabat dilingkungan Setda, Setwan dan BKD dengan ASN dan Non ASN.

Kabag Humas dan Protokol, Drs. Joko Wiyono, M.Si menjelaskan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menjalin tali silaturahim antara seluruh pejabat dan karyawan di lingkungan Setda Pemkab Banyumas, dalam rangkaian perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun 1440 H/2019.

Selain itu, lanjut Joko, kegiatan yang dilakukan bebarengan apel tersebut dilakukan sebagai langkah efisiensi waktu, karena jika semua bagian melaksanakan kunjungan halal bihalal/silaturahim antar bagian akan mengganggu pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Joko, selain apel dan silatuirahmi hari ini, Bupati juga direncanakan akan memimpin apel besar dalam rangka halal bihalal, yang akan diikuti oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk kecamatan dan kelurahan kota Purwokerto.

“Untuk apel besar bersama antara Pegawai Pemerintah Kabupaten dengan Bupati, dan Kepala SKPD Insha Allah direncanakan Selasa (11/6/2019) di Halaman GOR Satria Purwokerto” kata Joko

 

 


Senin, 10 Juni 2019