Pemkab Banyumas Gandeng PT Etos Kreatif Indonesia (Ethos) Cetak UMKM Digital

BANYUMAS - Dalam upaya memperkuat daya saing ekonomi lokal di era digital, Pemerintah Kabupaten Banyumas bersama PT. Etos Kreatif Indonesia (Ethos) resmi meluncurkan program Digital Marketing Bootcamp yang mengusung tema “Satu Visi Menuju Digitalisasi”. Acara yang dibuka oleh Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono pada Selasa (27/5/2025) bertempat di Auditorium Ethos Digital Valley di Gewok Karanggintung Kecamatan Sumbang Banyumas. Kegiatan ini menghadirkan lebih dari 150 peserta, terdiri pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pelajar SMK se-Kabupaten Banyumas.
Program pelatihan intensif ini akan berlangsung selama 1 bulan dengan kurikulum berbasis praktik yang dirancang untuk membekali peserta dengan keterampilan digital marketing yang aplikatif dan relevan terhadap kebutuhan industri saat ini.
“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT. Etos Kreatif Indonesia yang telah menginisiasi dan memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini.
Ini adalah wujud nyata dari kolaborasi antara sektor swasta dengan pemerintah daerah dalam mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya pelaku UMKM dan generasi muda,” ucap Bupati Sadewo mengawali sambutannya.
Ia menuturkan bahwa saat ini teknologi informasi telah memegang kendali di hampir semua aspek kehidupan, termasuk di sektor perdagangan. Pasar sekarang telah bergeser dari etalase fisik ke etalase digital. Oleh karena itu, menguasai digital marketing bukan lagi pilihan, melainkan sebuah keharusan.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sadewo mengungkapkan harapannya kepada para peserta untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan emas yang didapatkan. Sehingga setelah kegiatan ini berlangsung dapat melahirkan pelaku pelaku digital marketing yang andal, kreatif dan inovatif dari Banyumas.
“Saudara-saudara adalah orang-orang beruntung, karena telah terpilih untuk mengikuti pelatihan maupun seminar ini. Pelatihan dan seminar digital marketing dengan kurikulum selengkap inijika diikuti secara mandiri, bisa memerlukan biaya hingga jutaan rupiah per orang. Tapi hari ini, saudara-saudara bisa mengakses ilmu tersebut secara gratis, difasilitasi oleh PT. Etos Kreatif Indonesia,” ucapnya.
Sementara itu, Mukit Hendrayatno, Komisaris Utama PT Etos Kreatif Indonesia, menegaskan bahwa kehadiran bootcamp ini merupakan bagian dari visi perusahaan dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, khususnya di daerah.
“Kami melihat adanya gap digital di kalangan UMKM dan pelajar yang belum sepenuhnya siap menghadapi tantangan transformasi digital. Oleh karena itu, kami hadir melalui program ini dengan pendekatan praktis, mentor yang kompeten, serta semangat kolaboratif untuk mencetak talenta-talenta digital lokal yang unggul,” jelasnya.
Selasa, 27 Mei 2025