Wabup Pimpin Upacara Hari Pemadam Kebakaran

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS – Wakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan mempimpin upacara dalam rangka memperingati hari Pemadam Kebakaran Nasional yang ke-95 Tingkat Kabupaten Banyumas, Sabtu (1/3) di Halaman Pendopo Sipanji.

Upacara yang diikuti oleh Anggota Pemadam Kebakaran, Satpol PP, Satlinmas, Tagana, Ubaloka Pramuka, Polhut, Orari dan relawan PMI tersebut juga di hadiri WaKapolres, Perwakilan dari Kodim, Kepala Dinsosnakertrans, Kepala BPBD, Ketua Kwarcab dan Kepala UPTD Damkar.

Wakil Bupati Banyumas yang membacakan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri mengatakan pelayan pemadam kebakaran yang dulu disebut Brandweer dikenal sejak tahun 1909, yang telah memberikan pelayanan umum kepada masyarakat dalam bidang pemadam kebakaran dan melakukan penyelamatan terhadap korban kebakaran dan bencana lainya dibumi nusantara ini. Maka sejarah mencatat tanggal 1 Maret sebagai Hari Pemadam Kebakaran diamana pada waktu itu diawali pemberian plakat penghargaan, plakat tertulis pada ulang tahun ke – 10 dari masyarakat Betawi, terhadap Brandweer Batavia pada tanggal 1 Maret 1919, Atas jasa perjuangan dan pengorbanan petugas pemadam kebakaran dalam menyelamatkan korban jiwa dan kerugian harta benda pada kejadian kebakaran besar di kampung melayu, Tepatnya di pasar Mester Jatinegara dan Kampung Melayu.

Wakil Bupati melanjutkan bahwa melalui peringatan upacara hari ini dan sebagai bentuk apresiasi sekaligus gerakan seruan kepada seluruh anak bangsa, agar bersama mencegah kebakaran dan pencermaran asap untuk menjaga tetap tumbuh dan berkembangnya perekonomian rakayat Indonesia, serta mendukung gerakan penurunan emisi gas rumah kaca agar kualitas lingkungan hidup tetap terjaga.

Wakil bupati juga mengajak untuk bersama-sama meningkatkan semangat dan kinerja para pihak dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran. “Peranan petugas pemadam kebakaran mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga kualitas lingkungan yang bermuara pada pementapan perekonomian bangsa” kata Bupati.

Sebelum upacara ada kebakaran di Sampang.

Kepala UPTD Kebakaran Purwokerto Sigit Pribowo mengatakan bahwa selama tahun 2013 pihaknya melakukan pertolongan dan melaksanakan pemadaman sebanyak 74 kejadian.

Intensitas kejadian kebakaran pada tahun 2014 ada kecenderungan meningkat. “Sampai dengan hari ini selama tahun 2014 sudah terjadi 15 kejadian kebakaran, saat ini anggota kita yang dari UPTD Kemnajen tidak bisa mengikuti upacara karena sedang melakukan pemadaman di Pasar Sampang” lanjut Sigit.

Usai upacara Kepala BPBD Banyumas Prasetyo mengajak agar momen perayaan ini juga, membuat para petugas Damkar untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Petugas Damkar  harus selalu siaga dan berreaksi cepat setiap dibutuhkan masyarakat. Kesigapan harus dilatih setiap saat, agar kita makin cepat menuju lokasi kebakaran, sekaligus makin sigap menyemprotkan api ke sumber kebakaran, sesuai semboyan pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhanya” tegas Prasetyo.


01 03 2014 11:38:58