Wakil Ketua Kwarnas, Apresiasi Pramuka Garuda Banyumas

Kabupaten Banyumas

Wakil Ketua Kwartir Nasional Komisi Bina Muda Gerakan Pramuka, Supriyadi, apresiasi terhadap pencapaian anak didik di Kwarcab Banyumas menjadi Pramuka Garuda. Hal tersebut diungkapkan saat berkunjung ke Kwarcab Banyumas Minggu (22/8) sore.

Kunjungan yang mendadak karena baru duberitahukan, pagi harinya itu diterima oleh jajaran Andalan di Bina Muda, Pusdiklacab dan perwakilan Pramuka Garuda. Supriyadi mengatakan perkembangan Kwarcab Banyumas baru terlihat oleh Kwarnas lima tahun terakhir.

"Sepuluh tahun yang lalu, Kwarcab Banyumas belum begitu terdengar, namun mulai lima tahun terakhir langsung melesat, dengan didukung publikasi melalui media," katanya.

Kehadirannya yang mendadak atas arahan Ketua Kwarnas untuk membuktikan dan melihat dari dekat keaktifan dari Kwarcab Banyumas.

"Terima kasih rasa bahagia dan bangga saya bisa menginjakkan kaki untuk pertama kalinya dan berada di Kwarcab Banyumas, dimana dalam peringatan Hari Pramuka ke 60, tahun berlian terdapat suasana yang kuat dengan rasa kepramukaan yang tinggi pada peringatan hari gerakan Pramuka. Pada hari ini secara khusus tentunya kehadirannya adalah untuk belanja masalah untuk melihat langsung bagaimana komitmen dan konsisten ya dan para pembina dan pelatih untuk melahirkan Pramuka Garuda yaitu tujuan utama melahirkan peserta didik yang berkualitas," katanya

Terkait dengan pencapaian Pramuka Garuda, Supriyadi mengatakan sebagai bentuk manifestasi pembina pelatih yang luar biasa, sehingga mampu menjadikan anak didik meraih tingkatan tertinggi menjadi Pramuka Garuda.

"Bahkan pada tahun ini 5 Pramuka meraih Lencana Teladan, salah satunya Kak Dicky Purna DKC Banyumas, bahkan saat ini masuk jajaran Dewan Kerja Nasional (DKN)," lanjutnya

Supriyadi mengingatkan kepada pelatih dan andalan bahwa Pramuka adalah sebuah proses. Sehingga para pembina dituntut mampu memiliki kualitas, sehingga jika anak didik hebat tentunya para pembina harus lebih hebat.

"Maka sebaiknya para pembina dan pelatih terus meningkatkan kemampuan, juga seharusnya memiliki tongkat, tali pramuka, ransel dan sebagainya," katanya

Sekretaris , Bina Muda Kwarcab Banyumas menyampaikan bahwa Banyumas pada tahun 2019 pernah melantik 1969, namun 2 tahun terakhir menurun lagi karena pandemi.

"Namun untuk persiapan kedepan kami berkolaborasi dengan Pusdiklatcab dengan menggelar KMD maupun KML untuk mewujudkan dan mengantarkan anak didik mencapai tingkatan pramuka garuda," katanya.


Senin, 23 Agustus 2021