DKC Banyumas Gelar Festival Kepramukaan

Kabupaten Banyumas

Dewan Kerja Cabang(DKC) Gerakan Pramuka Banyumas melaksanakan Festival Kepramukaan Minggu, 4 September 2022 di Lapangan Footsal GOR Satria Purwokerto dan Pendopo Sanggar Bhakti Pramuka. Festival yang digelar ada 2 (dua) mata lomba yaitu Tari Kreasi Tradisional dan Pionering Aplikatif Rumah Adat sejumlah 61 tongkat.

"Untuk Pionering aplikatif dengan menggunakan sebanyak 61 tongkat. Hal ini kita sesuaikan angka Hari Pramuka tahun ini," kata Rumaisha Ketua DKC Banyumas.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai ajang untuk unjuk kreativitas dan evaluasi bersama dari begitu banyak ragam latihan yang dilaksanakan di pangkalan, pengaplikasian tekpram atau scouting skills penegak pandega serta ajang untuk melestarikan budaya.

"Ternyata anak-anak millenial sekarang ini masih bisa dan dapat melakukan tarian tradisional dengan anggun dan gerakan khasnya", tambah Ica panggil akrab Rumaisha

Bella selaku PinPro giat Festival Kepramukaan mengatakan lomba diikuti sebanyak 14 pangkalan Penegak/Pandega. Pada mata Lomba Tari Kreasi Tradisional sudah melaksanakan babak penyisihan secara online dan mendapatkan 3 (tiga) terbaik.

"Finalis terdiri dari Pangkalan SMA N 1 Purwokerto dengan tari Trubus Sumirat, SMK SPM Nasional Purwokerto dengan tari Othok-Othok, MAN 1 Banyumas dengan tari Trijurit," katanya

Bella menambahkan hasil lomba akan diumumkan pada hari Kamis, 8 September 2022 mendatang saat pelaksanaan upacara peringatan hari pramuka ke-61 Tingkat Kabupaten Banyumas di Alun-Alun Purwokerto

"Harapannya kedepan kita bisa menyelenggarakan lagi giat ini dengan lebih banyak mata lomba yang dapat mengasah skill dan kemampuan TD Banyumas. Terimakasih atas antusias dan partisipasinya serta mohon maaf untuk segala kekurangannya", pungkas Bella.


Senin, 05 September 2022