TMMD Sengkuyung Tahap 1 Th. 2015 Resmi Ditutup

Kabupaten Banyumas

TMMD Sengkuyung Tahap 1 Th. 2015  Resmi Ditutup 

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I Tahun 2015 yang dipusatkan di Desa Cirahap  Kecamatan Lumbir, Rabu 27/5) kemarin resmi ditutup, penutupan dilaksanakan oleh Dandim 0701 Banyumas Letkol Erwin Egita Yuana pada upacara penutupan TMMD ditandai dengan penyerahan alat peralatan kerja, penandatanganan berita acara penyerahan hasil-hasil TMMD dari Dandim 0701 Banyumas kepada Bupati Banyumas yang diwakili oleh Sekda Banyumas,  serta peresmian hasil kegiatan TMMD usai Upacara Pembukaan.

Pasiter Kodim 0701 Banyumas Kapt. Infantri Sentot Prianto selaku penanggung jawab proyek TMMD dalam laporannya mengatakan, berbagai kegaiatan TMMD antara lain kegiatan fisik yang masuk dalam sasaran pokok berupa pekerjaan rabat beton P. 2.095 m X L. 2,5 m, sasaran tambahan berupa pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RLTH) 10 unit bantuan Gubenur, RLTH bantuan Baznas  5 unit, pembuatan gorong-gorong 2 titik dan talud 50 m dapat diselesaikan 100% demikian juga untuk kegiatan non fisik berupa berupa penyelenggaraan pasar murah, penyuluhan/pelatihan/ketrampilan, pelayanan KB/Kes dan berbagai kegiatan yang dibutuhkan oleh desa lokasi TMMD juga dapat diselesaikan 100%

TMMD dilaksanakan selama 21 hari dari tanggal 7 s.d 27 Mei 2015 dengan Total anggaran yang diserap dalam kegiatan TMMD sebesar Rp. 680 juta, yang bersumber dari APBD Kab. Banyumas Rp, 320 juta,- APBD Prov Jateng Rp. 180 juta,- interdis Rp. 115 juta dan swadaya masyarakat Rp. 65 juta.

Gubenur Jawa Tengah dalam sambutannya yang dibacakan oleh dandim Dandim 0701 Banyumas Letkol Erwin Egita Yuana mengatakan, kegiatan TMMD merupakan Bottom Up Planning yang dilaksanakan secara lintas sektoral yang melibatkan TNI, POLRI, kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat, dan terbukti mampu mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan.

Gubenur berharap berbagai sasaran fisik dalam kegiatan TMMD seperti pembangunan infrastruktur jalan, talud gorong-gorong saluran air dan irigasi RLTH, rehab sarana dan prasarana peribadatan dapat membuka isolasi antar desa atau daerah terpencil dan meningkatkan roda perekonomian masyarakat setempat, dan sasaran non fisik berupa penyuluhan dan bimbingan akan mampu meningkatkan wawasan kebangsaan dan meningkatakan patriotisme terhadap Bangsa dan negara.

Gubenur minta agar sasaran sasaran dalam kegiatan TMMD kedepan untuk ditingkatkan dan hasil-hasil kegiatan TMMD untuk dirawat dan dimanfatkan dengan sebaik baiknya sehingga akan membeikan kemanfaatan yang lama. 


01 06 2015 07:32:35