TMMD Sengkuyung di Banyumas Bangun Jalan dan RTLH

Kabupaten Banyumas

 

TMMD Sengkuyung di Banyumas Bangun Jalan dan RTLH

 

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf. Erwin Ekagita Yuana membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2015 di Desa Kalicupak Lor, Kecamatan Kalibagor, Rabu (7/10). Turut hadir pada upacara pembukaan Bupati Banyumas Ir Achmad Husein, Wakil Bupati, Anggota Forkompinda dan para pejabat lainya.

Menurut Dandim, kegiatan TMMD akan dilaksanakan selama 21 hari. Dalam kegiatan TMMD Sengkuyung itu pihaknya mengerahkan personel sebanyak 100 orang. Dan akan melakukan pembangunan fisik dan non fisik.

Untuk pembangunan fisik, lanjutnya, akan dilakukan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 15 unit. Selain itu, program yang dilakukan yaitu berupa pengaspalan jalan sepanjang 1.600 meter. “Dalam kegiatan ini dilibatkan unsur TNI dari tiga matra yakni darat, laut , udara, juga jajaran Polri, mahasiswa, serta unsur masyarakat lainnya,” ujarnya

Selain program fisik, TMMD juga akan melakukan kegiatan nonfisik, di antaranya yaitu penyuluhan kepada masyarakat. Adapun kegiatan non fisik yang dilakukan penyuluhan tentang bahaya narkoba, sosialisasi tertib berlalu lintas, juga digelar atraksi hiburan bagi warga masyarakat setempat.

Bupati Ir Achmad Husein yang ditemui seusai upacara pembukaan mengatakan, Pemkab Banyumas mendukung penuh kegiatan TMMD. “Kegiatan TMMD bisa mempercepat pembangunan di wilayah pedesaan, sangat membantu pelaksanaan pembangunan,” ujarnya.

Sementara itu seperti terlihat di lokasi, selain digelar upacara, pasar murah juga ikut memeriahkan pembukaan TMMD sengkuyung. Dalam pasar murah tersebut, beberapa organisasi wanita, seperti Persit Kartika Chandra Kirana, Bhayangkari, Dharma Wanita Persatuan, Gabungan Organsasi Wanita, dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas. Pasar murah tersebut menjual berbagai barang kebutuhan pokok, hingga pakaian. Barangbarang yang dijual dibawah harga pasar tersebut, langsung diserbu warga sekitar yang sejak pagi telah menanti.

Mereka datang dengan berbagai keperluan, mulai dari membeli bumbu dapur, hingga pakaian. ”Dengan TMMD, diharapkan mampu memberdayakan masyarakat dalam membangun desa. Dan dengan sinergi antara TNI dengan pemerintah, pembangunan yang ada di desa diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik,” katanya.

 

 


Jumat, 09 Oktober 2015