PRAMUKA BANYUMAS, BERHARAP KEMBALI TERGIAT

Kabupaten Banyumas

PRAMUKA BANYUMAS, BERHARAP KEMBALI TERGIAT

 

BANYUMAS : Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 11.02 Banyumas, Sabtu (17/04) lalu dinilai oleh Tim Penilai Lomba Kwarcab Tergiat Kwarda 11 Jawa Tengah. Tim penilai yang berjumlah enam orang diketuai Agus Widiyanto, di terima secara langsung oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein, dan Walil Bupati dr Budhi Setiawan selaku Ketua dan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang/Mabicab.

 

Acara penerimaan dan penilaian digelar di Sanggar Bhkati Pramuka Kwarcab Banyumas, yang dihadiri Ketua dan Pengurus Kwarcab, para Andalan Cabang, Pelatih Kwarcab, Pimpinan Satuan Karya, kepala SKPD, Camat selaku Ketua Mabiran, Ketua Kwarran se Kabupaten Banyumas, adik-adik DKC, Dewan Saka, Ketua DKR dan undangan lain.

 

Ketua Kwarcab Banyumas, Ir Didi Rudwianto SH, M.Si dalam laporannya menyampaikan, lomba kwarcab tergiat adalah memotret kegiatan kwarcab sepanjang tahun 2015. “Tahun ini penilaian terakhir masa jabatan saya yang kedua, sehingga menjadi pertanggung jawaban sekaligus sebagai pengantar untuk Muscab pada mei mendatang” jelasnya

 

Dalam Lomba Kwarcab tergiat, sejumlah materi yang dinilai antara lain, bidang program pembinaan anggota muda/Binamuda, bidang pembinaan anggota dewasa/bBinawasa, bidang organisasi dan hukum, bidang pengabdian pada masyarakat dan hubungan masyarakat, bidang keuangan, usaha, sarana dan prasarana serta bidang kegiatan pramuka penegak, pandega atau Dewan Kerja Cabang.

 

“Potret kegiatan yang dilaksanan sepanjang tahun 2015, menjadi obyek penilaian, sehingga dengan penilaian ini sekaligus sebagai upaya meningkatkan mutu anggota pramuka baik pramuka dewasa dan peserta didik dengan koreksi dan motivasi dari Tim” tambahnya.

 

Menurutnya kemenangan dalam lomba kwarcab bukanlah tujuan, namun demikian, itu menjadi pengakuan atas pembinaan yang dilakukan, serta dapat meningkatkan semangat atas kemampuan dan prestasi kinerja kwartir disemua jajaran. “Sehingga kita tetap berharap menjadi yang tergiat untuk yang ke 29 kalinya yang diraih sejak 1988” terang Didi

 

Ketua Tim penilai Kwarda 11 Jawa Tengah, Agus Widiyanto mengatakan, kegiatan penilaian, merupakan langkah pembinaan dan evaluasi program kerja Kwarcab Banyumas mulai Januari hingga Desember 2015. Penilaian juga dimaksudkan untuk melihat dari dekat langkah-langkah pembinaan yang telah dilakukan.

 

Sementara itu, Bupati Banyumas Ir Achmad Husein dalam sambutanya mengatakan, Pramuka Banyumas sudah meraih 28 kali tergiat, semakin lama berkibprah semakin banyak dinamika yang ditemui. “Dan saya berharap Banyumas meraih untuk yang ke 29 dan seterusnya” katanya.

 

Walaupun itu tidak mudah tetapi Bupati percaya pada pengurus dan pramuka bisa. Bupati juga menyampaikan melalui pendidikan pramuka, anak anak terbentuk menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur, sehat jasmani dan rohani. “Itu yang saya perhatikan anak yang dididik melalui pramuka, minimal mereka berani dan tidak berputus asa” jelasnya

 

Oleh karenanya Bupati berharap agar setiap anggota pramuka dapat menjadi warga masyarakat yang baik dan berguna dan menjadi contok untuk membangun dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

 

PARSITO : Ancu Pers dan Media


Selasa, 19 April 2016