ARI SENGGOT RAMAIKAN GEBYAR PAUD TINGKAT JATENG

Kabupaten Banyumas

TARI SENGGOT RAMAIKAN GEBYAR PAUD TINGKAT JATENG

 

BANYUMAS : Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tingkat Jawa Tengah Tahun 2016, dilaksanakan di Banyumas. Acara dibuka oleh Ny. Atikoh Ganjar Pranowo Rabu (25/05/2016) di pelataran GOR Satria Purwokerto. Pada acara pembukaan dimeriahkan Tari Senggot Banyumasan yang dimainkan oleh 1.000 anak anak didampingi Bunda Paud di Banyumas. 

 

Bunda PAUD Jawa Tengah Ny Atikoh Ganjar Pranowo dan Bunda PAUD Banyumas Ny. Erna Husein ikut menari, tarian senggot yang diiringi alat musik bambu (Calung) dari SMK N 3 Banyumas.

 

Tari Senggot menjadi kebanggaan Banyumas, karena pada 25 Nopember 2006, Pagelaran Tari Senggot yang dibawakan oleh 21.208 anak PAUD dan TK, tercatat dalam Musium Rekor Indonesia (MURI). Pemegang Rekornya Pemerintah Kabupaten Daerah Banyumas bekerjasama dengan Ketua GOPTKI Kabupaten Banyumas, Ketua IGTKI dan PT. Erela Semarang. Adapun acara penyerahan sertifikat MURI berlangsung di Alun-Alun Purwokerto.

 

Tari senggot berasal dari kata senggot pada bahasa lokal Banyumas yang berarti gayung / siwur yang terbuat dari bathok (tempurung) kelapa yang berpangkal panjang. Kata ini terdapat dalam parikan Bahasa Banyumas yang berarti senggot, atau ngegot (sebuah gerak pinggul). Tari secara visualisasi menggambarkan para waniya yang lincah dan perkasa, vokabuler gerak merupakan pengembangan dari vokabuler gerak tradisi Banyumasan dan Pasundan.   

 

 


Jumat, 27 Mei 2016