Juni, Pemkab Salurkan Beras Raskin Dua Kali

Kabupaten Banyumas

 

Juni, Pemkab Salurkan Beras Raskin Dua Kali

 

BANYUMAS – Pemerintah Kabupaten Banyumas berencana menyalurkan raskin dua kali pada bulan Juni ini. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan beras khususnya keluarga tidak mampu selama bulan Ramadan menjelang lebaran.

 

Kepala Bagian Perekonomian Setda Banyumas, Sugiyanto mengatakan ada kebiasaan menjelang Ramadan dan lebaran ada kenaikan harga beras dan beberapa komoditas lainnya. “Untuk mengantisipasi hal tersebut, penyaluran raskin pada bulan Juni dilakukan sebanyak dua kali ini, dengan tujuan untuk menekan kenaikan harga beras di pasaran serta mengamankan stok beras di masyarakat,” katanya Rabu(1/6) diruang kerjanya.

 

Penyaluran ini merupakan jatah penyaluran reguler yang akan disalurkan diawal Juni dan akhir Juni menjelang lebaran jatah penyaluran Juli. “Kita berusaha agar nanti ada raskin ke-13 dan ke-14,” tambahnya.

 

Menurutnya, stok beras di Banyumas, saat ini sebanyak 20,8 ribu ton. Beras sebanyak itu di gudang Bulog Sub Divre IV Banyumas sebanyak 7,6 ribu ton dan di gudang sejumlah pedagang beras sebanyak 13,2 ribu ton. Diperkirakan dengan stok beras sebanyak itu, katanya akan mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Banyumas selama Ramadan hingga Idul Fitri 2016. Bahkan diprediksi bisa lebih dari dua bulan ke depan.

 

Sedangkan untuk kebutuhan gas elpiji 3 kg (subsidi), menurut Sugiyanto, pihaknya sedang mengajukan tambahan ke Pertamina. Ini dilakukan karena saat Ramdaan dan lebaran, biasanya ada peningkatan kebutuhan masyarakat.

 

“Dalam kondisi normal, rata-rata kebutuhan gas tiap bulan di Banyumas sebanyak 1.065.680 tabung. Diperidiksikan peningkatannya menjadi 1.924.000 tabung. Stok bulan Juni sebanyak 1.147 635 tabung,” jelasnya.

 

Menurutnya, penambahan yang disetujui Pertamina sebanyak 12 persen dari kebutuhan rata rata tiap bulan. Selain melakukan penambahan stok, Pertamina dan Hiswana Migas juga akan membentuk satuan tugas (Satgas) khusus, terutama pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

 


Rabu, 01 Juni 2016