PIALA ADIPURA DIKIRAB, BARENG KARNAVAL BANYUMAS EXTRAVAGANZA

Kabupaten Banyumas

PIALA ADIPURA DIKIRAB, BARENG KARNAVAL BANYUMAS EXTRAVAGANZA

 

PURWOKERTO - Setelah diterima dari Wakil Presiden RI M. Jusuf Kala kepada Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein pada acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup se- Dunia Tingkat Nasional Tahun 2016 tanggal 22 Juli 2016 di lapangan Depan Istana Siak Kabupaten Siak Provinsi Riau, Piala Adipura dikirab di wilayah Purwokerto.


Kirab adipura dibarengkan dengan karnaval Banyumas Extravaganza yang mengambil start di Jalan S. Parman depan Gedung Bioskop Rajawali Purwokerto ke utara sampai ke perempatan Srimaya belok kekiri menyusuri Jalan Jenderal Soedirman dan finish di Alun-alun Purwokerto.

 

Piala asli Adipura dibawa oleh peraga Dewi Cipta Rasa yang diperankan oleh Risma Mahasiswa UGM Putri Indonesia Jawa Tengah dan Perwakilan Pulau Jawa Tahun 2016 diserahkan kepada Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Suyanto, SH.M.Hum, diteruskan kepada Bupati Banyumas didepan Panggung Penghormatan di Alun-Alun Purwokerto, sedangkan replika Piala Adipura dibawa oleh kakang mbekayu Banyumas diiringi oleh musik kenthongan.

 

Banyumas memperoleh Adipura untuk ke 3 kalinya dan Adipura tahun ini adalah adipura Kirana untuk katagori kota sedang, setelah sebelumnya kurang lebih 17 Tahun vakum baru pada tahun 2014 dibawah kepemimpinan Bupati Achmad Husein dan Wakil Bupati dr. Budhi Setiawan memperoleh Adipura.

 

Bupati Achmad Husein menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banyumas dan segenap jajaran aparatur pemerintah yang telah bersama-sama bekerja keras mewujudkan kota yang bersih, hijau dan sehat sehingga mampu mempertahankan pila Adipura dan memperoleh Adipura Kirana

 

"ini adalah prestasi kita bersama, yang wajib kita syukuri, karena prestasi adalah bukti pengakuan atas kinerja oleh pemerintah pusat dan saya sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat Banyumas, petugas kebersihan, dunia usaha dan aparatur pemerintah yang telah bersama-sama mempertahankan dan akhirnya meraih Adipura Kirana" Jelasnya

 

Husein berharap agar kerjasama dan kerja keras untuk dilestarikan dan ditingkatkan agar dapat mempertahankan adipura bahkan memperoleh Adipura Paripurna "Kedepan penilaiannya semakin berat disamping cakupannya yaitu seluruh Banyumas juga bobot penilaiannya semakin tinggi, sehingga diperlukan kerjasama dan kerja keras pemerintah, dunia usaha dan masyarakat, bahkan berharap dapat memperoleh adipura paripurna yaitu terciptanya kabupaten yang layak huni dan penyelenggaraan ekonomi yang memperhatikan lingungan" harapnya.

 

Terpisah Kepala BLH Suyanto mengatakan, adipura merupakan bentuk penghargaan yang diberikan pemerintah kepada Walikota/Bupati atas prestasi dan kepemimpinan dalam mewujudkan kota yang bersih hijau sehat dan berkelanjutan.

 

"Alhamdulilah walaupun penilaiannya semakin berat dan cakupannya tidak hanya wilayah kota tapi se Kabupaten Banyumas, kita dapat mempertahankan adipura dan memperoleh adipura kirana" imbuhnya

 

Suyanto menambahkan, untuk menyongosong adipura tahun depan Pemkab Banyumas akan mengadakan lomba adipura tingkat desa ibukota Kecamatan yang didukung oleh seluruh desa dalam kecamatan tersebut dengan hadiah dana untuk kegiatan pembangunan di desa setempat.


Senin, 25 Juli 2016