PKK WANGON JUARA LOMBA CIPTA MENU 2016

Kabupaten Banyumas

 

PKK WANGON JUARA LOMBA CIPTA MENU 2016

 

BANYUMAS : Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (Bapeluh KP) bersama Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Banyumas Lomba Cipta Menu, Kamis (20/10/2016) di Pendopo Sipanji Purwokerto. Lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) diikuti oleh 27 perwakilan penggerak PKK se Kabupaten Banyumas   

Kepala Bapeluh KP, Wisnu Hermawanto mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi ketergantungan konsumsi beras. “Lomba ini juga diharapkan dapat memasyarakatkan diversifikasi pangan melalui bahan-bahan sumber karbohidrat pengganti beras dan terigu, selain itu juga untuk mengangkat potensi jenis-jenis bahan pangan sumber karbohidrat non beras–non terigu yang ada di wilayah masing-masing peserta,” jelasnya.

Wisnu menambahkan, tujuan lain adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman serta membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka jenis pangan dengan porsi yang seimbang.

Sedangkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Husein berharap melalui lomba semacam ini akan membuat para ibu rumah tangga/kaum wanita dapat mendorong dan meningkatkan kreativitas dalam menyiapkan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman serta berbahan baku lokal bagi keluarganya.

“Pada gilirannya kami harapkan akan mampu meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan masyarakat. Karena kulaitas makanan yang kita konsumsi sehari-hari adalah salah satu modal kita untuk hidup sehat, aktif, cerdas dan produktif,” tambahnya.

 

Erna menambahkan pemenang lomba akan lomba serupa di Tingkat Propinsi Jawa Tengah, dan apabila menang akan mengikuti lomba tingkat nasional.

Pada lomba ini penyelenggara menghadirkan Juri Dwi Susanto anggota Indonesia Chef Asociatian Jawa Tengah, Andriati, S.Pd dari SMKN 3 Purwokerto, dr Ervina Mela Dewi dari Universitas Jenderal Sudirman, Anas Burhani Sarjana Gizi dari Dinas Kesehatan dan Ny Slamet Sudiro dari TP PKK.

Chef Dwi Susanto mengatakan penilaian Lomba Cipta Menu ini didasarkan pada beberapa kriteria penilaian yang meliputi penampilan dan penyajian, kreatifitas, cita rasa, daftar resep dan pengembangannya, keamanan pangan, aplikasi dalam kehidupan sehari-hari serta nilai gizi yang digunakan untuk pembuatan makanan yang dilombakan.

Sebagai Juara 1 adalah TP PKK Kecamatan Wangon, diikuti Kecamatan Kembaran Juara 2 dan Juara 3 diraih oleh Kecamatan Patikraja. Untuk juara harapan diraih oleh Kecamatan Purwokerto Selatan sebagai Juara Harapan I, Kecamatan Somagede Juara Harapan 2 dan Kecamatan Banyumas menjadi Juara Harapan 3.

Pemenang 1-3 mendapat tropy dan hadiah uang pembinaan masing-masing 1 juta, Rp 800 ribu dan Rp 600 ribu ditambah seperangkat alat masak. Sedangkan Juara Harapan mendapat uang pembinaan Rp 500 ribu Rp 400 ribu dan 300 ribu ditambah seperangkat alat masak.

Penyerahan hadiah dilakukan oleh Bupati Banyumas didampingi Ketua TP PKK Ny Erna Husein, Wakil Ketua TP PKK Ny Linawati, Kepala Bapeluh KP dan Juri.

 

 


Jumat, 21 Oktober 2016