BANGUNAN PASAR MANIS TAHAB II MULAI DITEMPATI

Kabupaten Banyumas

 

BANGUNAN PASAR MANIS TAHAB II MULAI DITEMPATI

 

PURWOKERTO-Pembangunan Pasir Manis Purwokerto tahap kedua (sisi barat) sudah selesai akhir tahun lalu. Pedagang yang berjualan di bedeng darurat, saat ini sudah mulai pindahan, menempati bangunan baru yang berada di sisi barat.

 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas Yunianto mengatakan pihaknya telah menyerahkan kunci kios kepada pedagang tanggal 1 Februari lalu. Setelah penyerahan tersebut sebagian padagang sudah melakukan persiapan pindahan, bahkan ada yang menempati kios baru tersebut.

 

“Kami menargetkan, tanggal 15 semua sudah pindah semua ke tempat baru, karena tanggal 16 bedeng darurat rencananya akan kami bongkar,” katanya.

 

Yunianto menambahkan, pembangunan pasar manis, tahap kedua sudah ditinjau oleh kementrian perdagangan RI. Pada kunjungan tersebut ada kemungkinan peresmian dilakukan oleh Wakil Presiden atau Menteri Perdagangan. 

 

Kabid pasar dan PKL Dinperidag, Rojingun, menjelaskan bangunan baru akan ditempati sebanyak 168 pedagang. Bangunan baru terdiri dari dua lantai, untuk lantai atas diperuntukan untuk zona kering seperti sembako, makanan ringan, kelontong dll.

 

“Sedangkan lantai dasar digunakan bagi pedagang ikan laut dan ayam potong. Sebagian untuk pedagang kuliner dan tempat tarkir kendaraan roda dua,” katanya.

 

Pembangunan Pasar Manis dilakukan dalam dua tahap, pada tahun 2015 dan 2016. Pembangunan pertama di sisi timur dibangun tahun 2015 dimana peletakan batu pertama dilakukan oleh Presiden Joko Widodo tanggal 30 Juni 2016 dan peresmiannya dilaksanakan tanggal 4 Mei 2016. Bangunan sisi timur dibagi 8 Blok, telah difungsikan untuk pedagang sayuran, buah-buahan dan bumbu dapur.

 

 

 


Senin, 13 Pebruari 2017