SIMPANG SAWANGAN PURWOKERTO SEGERA DIPASANG ATCS

Kabupaten Banyumas

 

SIMPANG SAWANGAN PURWOKERTO SEGERA DIPASANG ATCS

 

PURWOKERTO- Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Perhubungan (Dinhub), segera memasang perangkat pengatur lampu lalu lintas otomatis atau area traffic control system (ATCS) di dua lokasi tahun ini. ATCS tersebut menurut rencana akan dipasang di Simpang Sawangan, dan Simpang Empat Jalan Masjid.

 

Kepala Bidang Prasarana Lalu Lintas Dinhub Kabupaten Banyumas Achmad Riyanto, mengatakan, pemasangan ATCS tersebut akan melengkapi perangkat ATCS yang saat ini sudah terpasang di beberapa simpang, yang ada di Kota Purwokerto.

 

“Rencana pemasangan ATCS di Simpang Sawangan BRI, dan Simpang Empat Jalan Masjid (Omnia), menggunakan anggaran APBD 2017” katanya.

 

Di Purwokerto, simpang yang telah memiliki ATCS antara lain yaitu Simpang Gor, Simpang Kebondalem, Simpang Sutosuman, serta seluruh simpang yang ada di ruas Jalan Gerilya, seperti Simpang Tanjung, Simpang Karangbawang, Simpang Pancurawis, sampai dengan Bundaran Adipura Berkoh.

 

“Jika rencana tersebut terealisasi, maka pergerakan lalu lintas di Kota Purwokerto akan semakin mudah dipantau. Sebab tidak hanya dapat mengatur lampu lalu lintas secara otomatis, ATCS yang memiliki fasilitas kamera pengawas juga dapat digunakan untuk melihat kepadatan lalu lintas di sebuah wilayah,” katanya.

 

Riyanto menilai sejak ada ATCS pengguna jalan di Purwokerto relatif lebih tertib. Karena petugas yang memantau ATCS dari ruang kendali bisa melihat pelanggaran melalui cctv kemudian menegur melalui pengeras suara.

 


Selasa, 14 Pebruari 2017