BUPATI SERAHKAN DANA 1 M UNTUK PENERIMA ADIBUANA BHAKTI

Kabupaten Banyumas

BUPATI SERAHKAN DANA 1 M UNTUK PENERIMA ADIBUANA BHAKTI

 

BANYUMAS : Bupati Banyumas menyerahkan penghargaan Adibuana Bakti kepada 9 Camat diluar Kota Purwokerto. Penghargaan diberikan usai upacara Hari Jadi Kabupaten Banyumas yang ke 446 Rabu (22/2) di lun-alun Purwokerto.

 

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas mengatakan  penghargaan Adi buana Bakti diberikan kepada Camat yang mempuyai komitmen mewujudkan masyarakat yang sehat, lingkungan hidup yang lestari, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam mengelola sampah dan menjadikan sampah menjadi sumber daya.

 

“Penghargaan ini merupakan penghargaan Adipura untuk tingkat Kecamatan,” katanya

 

Menurutnya gagasan itu muncul dari Bupati, usai menerima Pengargaan Adipura tahun lalu, untuk mendorong kepemimpinan Camat dan membangun partisipasi aktif masyarakat serta dunia usaha dalam mewujudkan kota kota kecamatan yang berkelanjutan, baik secara ekologis, social dan ekonomi melalui penerapan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup demi terciptanya lingkungan yang baik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Joko menambahkan untuk mengklasifikasi penilaian, dibagi menjadi tiga kategori, sesuai dengan luas wilayah. Kategori kec kecil, sedang dan besar. Sedangkan titik pantau penilaian meliputi, pemukiman, jalan arteri dan kolektor, pasar, pertokoan, sekolah, rumah sakit dan puskesmas.

 

Camat memperoleh penghargaan berupa Tropy dan Piagam serta Anggaran Khusus Pengelolaan Lingkungan Hidup melalui mekanisme APBD. Untuk kategori Kecamatan Besar yang meraih penghargaan Kecamatan Ajibarang, Banyumas dan Ajibarang. “Mereka dipercaya mengelola dana sebesar 150 juta, 130 juta dan 115 juta” kata Jokowi.

 

Sedangkan untuk Kecamatan kategori sedang, Kecamatan Baturaden adalah Baturraden mendapat dana 130 juta, Jatilawang 115 juta dan Patikraja 100 juta. Dan untuk kategori kecil, kecamatan Somagede memperoleh dana 100 juta, Pekuncen 85 juta dan Karanglewas 75 juta.

 

“Total penghargaan berupa anggaran khusus pengelolaan lingkungan hidup itu sebesar 1 M,” kata Jokowi

 


Rabu, 22 Pebruari 2017