Selasa, 18 April 2017

PEMBINAAN KETENAGAAN SEKOLAH DASAR

PEMBINAAN KETENAGAAN SEKOLAH DASAR


Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas , mengadakan kegiatan Pembinaan Ketenagaan Sekolah Dasar bagi Kepala Sekolah SD se -Kabupaten Banyumas pada hari Selasa , 18 April 2017 di Garden Hall and Resto jalan Dr. Soeparno no. 97 Purwokerto - Banyumas , Jawa Tengah - Indonesia.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas , Drs. Purwadi Santoso, M.Pd mengatakan bahwa bekerja itu seharusnya berdasarkan niat yang ikhlas dan berdasarkan peraturan. Harus disadari bahwa sekolah dasar di era sekarang itu harus dikelola secara modern. Baik fisik, pembelajaran , maupun guru - gurunya.
" Di era sekarang , untuk bisa naik tingkat, seorang guru dan kepala sekolah harus membuat Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) atau Penelitian Tindakan Sekolah ( PTS ). Kelihatannya susah tetapi kalau kita mau belajar , saya yakin pasti bisa ," katanya.
" Orang bekerja itu jangan mengejar karier atau jabatan, tetapi mengejar hasil kerjanya. Kalau kita bekerja keras, baik, dan benar , pasti karier atau jabatan akan datang sendiri, " pesannya.
Drs. Edy Raharjo selaku kepala bidang guru dan tenaga kependidikan ( GTK ) mengingatkan bahwa guru yang profesional adalah guru yang disiplin, komitment pada tugas ,menguasai kurikulum , menguasai materi , dan menguasai metode pembelajaran.
" Kompetensi guru ada empat, yaitu : Pedagogik , Kepribadian , Sosial , dan Profesional. Sedangkan kompetensi Kepala Sekolah ada enam, yaitu : Pribadi sosial , Kepemimpinan , Pengembangan sekolah , Management sekolah , Kewirausahaan , dan Supervisi pembelajaran, " ujarnya.
" Pesan saya , laksanakan tugas itu dengan sebaik - baiknya , dimulai dengan kerja disiplin , mangkate sing gasik," pesan nya.