KAPOLRES BANYUMAS PIMPIN UPACARA HARI KEBANGKITAN NASIONAL

Kabupaten Banyumas

KAPOLRES BANYUMAS PIMPIN UPACARA HARI KEBANGKITAN NASIONAL

 

PURWOKERTO – Kapolres Banyumas  AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 109 Tingkat Kabupaten Banyumas, Senin (22/5) di Halaman Pendopo Sipanji Purwokerto.

 

Turut hadhir pada acara tersebut Forkompinda Banyumas, Wakil Ketua DPRD, Sekda dan Kepala OPD Banyumas. Sedang sebagai peserta upacara TNI, Polri, PNS, Korpri dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda

 

Kapolres Azis Andriansyah saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI mengatakan, salah satu inspirasi yang bisa diserap dari berdirinya Boedi Utomo sebagai sebuah organisasi modern pada tahun 1908 adalah munculnya Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang terdidik, memiliki jiwa nasionalisme kebangsaan dan memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan dan dengan tampilnya SDM yang unggul inilah memulai semangat kebangsaan.

 

“Kebangkitan tersebut dan melalui perjuangan yang tak kenal lelah, akhirnya Bangsa Indonesia dapat memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 dan mulai kemerdekaan itu, bangsa Indonesia telah berjanji dan berketepatan hati bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini adalah harga mati yang tidak dapat ditawar-tawar lagi dalam kondisi dan keadaan apapun. NKRI adalah negara demokrasi berlandaskan ideologi Pancasila, yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan adat istiadat yang hidup di tengah masyarakat dan wilayah NKRI adalah yang terbentang luas dari Sabang hingg Merauke,” jelas Kapolres.

 

Kapolres menambahkan bahwa tantangan baru yang muncul di depan kita, memiliki dua dimensi terpenting, yaitu kecepatan dan cakupan. Bangsa Indonesia tidak ingin kedodoran dalam menjaga NKRI akibat terlambat mengantisipasi kecepatan dan meluasnya anasir-anasir ancaman karena tak tahu bagaimana mengambil bersikap dalam konteks dunia yang sedang berubah ini.

 

“Oleh sebab itu saya memandang penting tema “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter” yang diangkat untuk peringatan hari Kebangkitan Nasional tahun 2017 ini dengan memfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri dan berkarakter,” tegas Kapolres.

 

Usai upacara Jajaran Polres Banyumas mempersembahkan lagu-lagu perjuangan dan lagu yang bernuansa nasionalisme, melalui music band di bawah tiang bendera Alun-alun Purwokerto. Dengan hentakan music rock band lagu-lagu kebyar-kebyar, tanah air, bendera dan lain sebagainya, membius para peserta upacara dan masyarakat yang hadir di alun-alun, ikut menyanyi bersama, tak terkecuali anggota Forkompinda.

 

Acara dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Tanjung Nirwana Purwokerto.

 

 


Selasa, 23 Mei 2017