PASUKAN TUNAS MUDA BANYUMAS SIAP BERTUGAS

Kabupaten Banyumas

 

BANYUMAS : Setelah melalui proses seleksi ketat serta melakukan pendidikan dan pelatihan Pasukan Tunas Muda (PTM), akhirnya 37 PTM yang terdiri 34 Pramuka Penegak pilihan dari SMA/SMK/MA se Kabupaten Banyumas serta 1 Pramuka Pandega, 1 Pramuka Penggalang dan 1 Pramuka Siaga siap menggelar gladi kotor, Selasa (22/8) di Alun-alun Kecamatan Banyumas. PTM dilatih oleh 3 anggota Kodim 0701 Banyumas Pelda Sudarsono, Serma Supriyadi dan Sertu Tugiyo. Selain dari TNI, Purna PTM juga mendampingi dalam pelatihan yang dimulai 5 Agustus lalu. Pelatihan dilaksanakan di Alun-alun Banyumas dan Alun-alun Purwokerto.

Pelda Sudarsono mengatakan, PTM dibagi menjadi dua pasukan, yaitu pasukan pengibar bendera dan pasukan penurunan bendera. Mereka akan bertugas pada Upacara Hari Pramuka Tingkat Jawa Tengah, Kamis (24/8) mendatang di Alun-alun Kecamatan Banyumas.

Tugas utama pelatih dari TNI adalah pembemtukan karakter PTM melalui pelatihan peraturan baris berbaris. Menurut Darsono dengan pelatihan PBB akan membentuk sikap jasmani yang tegap dan tangkas, memiliki rasa percaya diri, sikap disiplin, rasa bertanggung jawab dan rela berkorban.

“Rela berkorban diwujudkan dengan mereka meninggalkan kebutuhan pribadi berupa sekolah mereka gunakan untuk latihan, tetapi saya yakin mereka akan bertanggung jawab akan ketertinggalan itu, sehingga mereka tidak akan ketinggalan dengan temannya” katanya.

Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Banyumas Diana Dwi Putra mengatakan selain PBB, PTM juga dilatih untuk pelatihan administrasi dan pengetahuan kepramukaan.

PTM kali ini sedikit berbeda dangan tahun sebelumnya. Mereka akan bertugas pada upacara tingkat provinsi. Menurut rencana PTM akan dikukuhkan oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein tanggal 23 Agutsus mendatang di Pendopo Sipanji Purwokerto.

“Selain akan bertugas dalam upacara Hari Pramuka, mereka juga akan menjadi kader pemimpin pramuka di pangkalan, maka mereka harus mempunyai pengetahuan dan kecakapan kepramukaan,” katanya.

Upacara Apel Besar Hari Pramuka Tingkat Jawa Tengah kata Diana, bertindak sebagai Pembina Upacara Gubernur Jawa Tengah, dan akan dihadiri perwakilan Pramuka se Jawa Tengah.

“Akan ikut hadir Fork


Selasa, 22 Agustus 2017