BUPATI AJAK PARA PEJABAT KEMAH DI TRANGGULASIH

Kabupaten Banyumas

 

BUPATI AJAK PARA PEJABAT KEMAH DI TRANGGULASIH

 

BANYUMAS : Bupati Banyumas Ir Achmad Husein, Sekda, Assisten, Staf Ahli bersama para kepala SKPD dan Camat melaksanakan kemah, Jum’at (15/6) s/d Sabtu (16/6) di Bukit Tranggulasih Desa Windujaya Kecamatan Kedunbanteng. Ny Erna Husein, Ny Lina Budhi Setiawan dan beberapa istri kepala dinas ikut juga dalam kemah ini. Mereka melaksanakan kemah bertindak sebagai Majelis Pembimbing Cabang dan Majelis Pembimbing Ranting.

 

Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono mengatakan Kemah Majelis Pembimbing (Mabi) baru pertama kali dilaksanakan oleh Kwarcab Banyumas atas saran dari Ketua Mabicab Banyumas Kak Ir Achmad Husein. Unsur Mabi yang mengikuti kemah terdiri anggota Forkompinda, Rektor, Kepala Kantor, Direktur BUMD, Camat. Pada kemah mereka akan dibuat kelompok semua unsur akan dipisah menjadi regu yang anggotanya dari berbagai unsur. Dengan kemah pramuka diharapkan semakin menjalin kebersamaan, agar bersama sama memberi dukungan kepada perkembangan Gerakan Pramuka di Banyumas.

 

“Layaknya kemah anak-anak pramuka, Bupati dan pejabat di Banyumas ini membawa perlengkapan seperti tas punggung, naik mobil bak terbuka milik Dalmas Polres Banyumas, Satpol PP dan BPBD. Saat menuju lokasipun mereka harus menempuh jalan kaki menuju lokasi,” kata Partono

 

Demikian halnya, saat makan para peserta kemah makan seadanya dengan nasi kotak, termasuk Bupati Banyumas. Untuk kekamar mandi pun mereka harus antri dengan keterbatasan fasilitas yang ada.

 

Saat mengikuti kegiatan, walaupun sebelum pelaksanaan sebagian masih ada yang terlihat enggan, namun setelah kegiatan dimulai mereka pun ikut dalam kebersamaan. Seperti upacara pembukaan, api unggun dan out door management game (ODMG). Bahkan untuk bertugas sebagai pengucap Dasa Darma dilakukan oleh Ny Erna Husen, Ny. Lina Budi Setiawan, beberapa kepala dinas dan camat pun tak kalah lantang dengan anak didik pramuka.

 

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mengajak dalam kemah ini semua harus menanggalkan identitas sebagai pejabat. Semua harus gembira, harus semangat dan menjalin kebersamaan dan persudaraan.

 

“Karena kegiatan dilakukan alam terbuka akan terlihat kejujuran masing masing individu,” kata Bupati

 

Sementara itu Perwakilan dari Kwarda Jateng Mulyono, sangat mengapresiasi kegiatan Kemah Mabi Kwarcab Banyumas. Menurutnya Kemah Mabi akan menginpirasi dan memotivasi para pembina dan anggota pramuka lebih bersemangat.

 

Mulyono yang sering disebut Kak Mung didampingi Korps Pelatih Kwarcab Banyumas, mengajak para Mabi peserta kemah memahami fungsinya sebagai Mabi dengan cara bermain di alam terbuka.

 

“Pramuka lebih banyak dilakukan dialam terbuka, karena agar dengan dengan pencipta. Seperti saat ini hujan gerimis, yang dapat membuat baju basah dan badan dingin. Ini akan berbeda apabila kita berada didalam ruangan apalagi di gedung yang mewah,” kata Kak Mung

 

Asisten Pemerintan dan Kesra Sriyono, mengaku senang dapat mengikuti kemah, walaupun untuk mandi dan tidur tidak bisa tetapi berharap kemah akan dilakukan ditempat yang lebih representatif.

 

Parsito


Senin, 18 September 2017