Festival Durian Lokal Banyumas Digelar di Alun-alun Banyumas

Kabupaten Banyumas

 

Festival Durian Lokal Banyumas Digelar di Alun-alun Banyumas

 

BANYUMAS – Durian merupakan salah salah satu komoditi buah unggulan di Kabupaten Banyumas. Varitas yang berkembang meliputi viarietas kromo, cane dan lokal. Varitas kromo masyarakat sering menyebut jenis Duren Montong atau Duren Bawor berpusat di Kecamatan Kemranjen, dan telah menyebar di seluruh Kabupaten Banyumas khusunya kecamatan sekitar seperti Sumpiuh, Tambak, Somegede, Banyumas dan Kebasen.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DinPertan KP, 2016) Kabupaten Banyumas mencatat populasi pohon durian di Banyumas mencapai 187.854 pohon dengan produksi 30.948 kuintal pertahun.

Melihat potensi tersebut Dinpertan KP menggagas Festival Durian Lokal Banyumas 2017, yang akan digelar 9 hingga 10 Desember 2017 di Alun-alun Kecamatan Banyumas. Berbagai jenis durian lokal Banyumasakan dihadirkan pada festival ini.

Kepala Dinpertan KP Widarso mengatakan festival durian, menjadi event untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk durian unggulan Banyumas ke pasar lokal maupun regional.

“Dengan kegiatan ini akan tercipta forum antara pihak yang berkompeten dan menekuni atau yang berkecimpung di bidang agribisnis durian untuk bersama sama meningkatkan kualitas durian lokal dan membuka peluang pasar serta akan terjalin jejaring usaha, dan bagi pecinta durian bisa melihat,memilih dan membeli langsung berbagai jenis durian lokal yang berkualitas tinggi, dari petani” terang Widarso

Widarso menegaskan bahwa festiva ini tidak ada festival makan durian sepuasnya. Namun demikian para pengunjung dapat melakukan transaksi berbagai jenis durian yang dipamerkan dengan harga yang lebih kompetitif.

“Kita mengundang para petani dan kelompok tani durian yang ada di Banyumas, untuk berpartisipasi pada kegiatan ini,” jelasnya

Sedangkan Kasi Hortikultura Iin Dwi Sulityatik mengatakan festival durian yang didalamnya terdapat lomba durian, dijadikan sarana menjaring buah durian lokal yang mempunyai kualitas tinggi dan baik secara ekonomi .

“Kalau kualitas kromo, Banyumas sudah mendapat Tanda Daftar Varietas Tanaman (semacam HAKI) oleh Kementrian Pertanian. Dengan keunggulanya ukuran buah besar rata rata 3 kg bahkan ada yang mencapai 7 kg, daging tebal, buah kecil, daging warna orange rasa manis dan kesat dan aroma tidak terlalu tajam , dan telah dilepas menjadi varietas unggul nasional,” katanya

Melalui festival semacam ini Iin berharap akan lahir jenis durian baru, dan DinPertan KP siap memfasilitasi untuk diajukan hak Perlindungan Varietas Tanaman (PVT)nya.  Pada lomba ini Dinpertan KP akan memberi penghargaan dan uang pembinaan kepada para pememang.

Iin menambahkan walaupun kegiatan bertajuk Festival Durian sejatinya yang akan dipamerkan dan dipasarkan semua produk pertanian, mulai bibit sampai hasil olahan berbahan produk pertanian. Sehingga bagi masyarakat dapat berkunjung ke Festival ini untuk menambah wawasan dan menjadikannya ajang pembelajaran dalam bidang pertanian.

 


Senin, 11 Desember 2017