Pramuka Pesantren Mahasiswa An Najah Gelar Aksi Donor Darah

Kabupaten Banyumas

Pramuka Pesantren Mahasiswa An Najah Gelar Aksi Donor Darah

 

BATURRADEN : Pramuka Gugus Depan Teritorial Racana Wahid Hasim dan Hajah Sholihah Wahid (Gudep Washol) yang berpangkalan di Pesantren Mahasiswa An Najah Desa Kutasari Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas menggelar donor darah. Kegiatan dilaksanakan Jumat sore (8/12) di Aula Pesantren setempat.

Ketua Dewan Racana, Nafiatul Laila mengatakan kegiatan dilaksanakn berkerja sama dengan Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Cabang Banyumas. Kegiatan donor darah di pesantren ini merupakan kegiatan rutin 3 bulanan yang diselenggarakan oleh Pramuka Gudep Washol. Walaupun donor darah dilaksanakan di Pesantren, peserta donor tidak hanya santri dan pramuka saja tetapi juga melibatkan masyarakat sekitar. 

“Aksi donor darah digelar sebagai kepedulian pramuka dan pesantren An Najah untuk menolong warga yang membutuhkan darah. Aksi ini bagian dari kegiatan Pesanrean dan Pramuka Peduli," ujarnya.

Laila menambahkan, aksi donor darah merupakan upaya peningkatan kesehatan diri, menurutnya darah yang terambil akan tergantikan dengan darah baru. Dia merasa bangga kegaitan yang dilaksanakan mendapat respon yang bagus dari kalangan santri, pramuka dan masyarakat umum. Hal ini terlihat dengan banyaknya calon pendonor yang hadir. 

“Calon pendonor yang hadir pada kegiatan kali ini sebanyak 65 orang tetapi yang memenuhi syarat untuk diambil darahnya sebanyak 32 orang,” jelasnyaUsai kegiatan Ketua Dewan Racana Putra, Aziz mengatakan kegiatan donor darah sangat positif dan besar manfaatnya bagi masyarakat yang sakit dan membutuhkan darah. Sehingga kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin 3 bulanan yang dilaksanakan oleh Gudep Washol.

“Kami merasa bersyukur kegiatan selalu mendapat dukungan, dengan banyaknya peserta yang mengikuti donor. Hari ini peserta termasuk sedikit biasanya peserta yang dapat diambil mencapai 40-50 kantong,” katanya

Demi kelancaran kegiatan pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan PMI Kabupaten Banyumas, sehingga kegiatan dapat dilaksanakan secara periodic dan berjalan rutin.

 


Senin, 11 Desember 2017