Warga Kecamatan Baturraden Terima Dana PKH

Kabupaten Banyumas

 

Warga Kecamatan Baturraden Terima Dana PKH

 

Sedikitnya 335 Warga Kecamatan Baturraden yang berasal dari 6 Desa, menerima Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) 2018, Rabu (18/4) di Balai Desa Rempoah Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Mereka berasal dari Desa Karangsalam 71 orang, Kemutug Kidul 56 orang, Kemutug Lor 42 orang, Ketenger 37 orang, Karangtengah 113 oarng dan Kebumen 16 orang.
Pendamping PKH Faridatul Solikhah mengatakan penyaluran dana ini merupakan gelombang 2 untuk Kecamatan Baturraden. Gelombang pertama telah dilakukan beberapa waktu lalu di Purwokerto Timur. Mengingat di Baturraden terdapat 3013 penerima program, penyerahan berikutnya akan dilakukan gelombang berikutnya.

“Bagi penerima program, penyaluran ini merupakan penyaluran pertama untuk tahun 2018 sebanyak Rp.500.000,-,” katanya
Ida menambahkan Bantuan Sosial Non Tunai PKH terbagi menjadi dua komponen, yaitu komponen kesejahteraan sosial serta komponen kesehatan dan pendidikan.Untuk komponen kesejahteraan sosial, diperuntukkan bagi disabilitas dan lanjut usia, dengan bantuan sebesar Rp 2 juta stahun.Sedangkan komponen kesehatan dan pendidikan, diperuntukkan bagi ibu hamil atau yang memiliki balita serta anak usia sekolah dengan bantuan sebesar Rp 1.890.000 pertahun.

Penyaluran dilakukan berkerja sama dengan Bank Mandiri. Penermia selain mendapatkan uang Rp.500.000 juga menerima buku tabungan dan ATM.

Camat Baturraden Budi Nugroho saat meninjau penyerahan dana berpesan agar dapat menggunakan dana bantuan seproduktif mungkin.

“Bagi yang memiliki anak usia sekolah, agar menggunakan bantuan tersebut untuk keperluan sekolah anak mereka, sedangkan bagi yang memiliki anak balita, manfaatkan pelayanan kesehatan di Posyandu terdekat,” katanya

 


Kamis, 19 April 2018