Pemdes Datar Bangun Talud Jalan

Kabupaten Banyumas

Pemdes Datar Bangun Talud Jalan

PURWOKERTO : Pemerintah Desa (Pemdes) Datar Kecamatan Cilongok melalukan program pembangunan sarana umum bagi warga desanya. Pembangunan yang sedang dikerjakan adalah pembuatan talud yang menghubungkan RT 03 RW 3 Desa Datar dengan Grumbul Gewok Desa Karanggintung.

Kepala Desa Datar Warsito mengatakan pembangunan talud adalah realisasi dari salah satu usulan masyarakat dalam musyawarah perencanaan pembagunan desa (Musrengbangdes). Proyek ini menyedot dana desa sebesar Rp 42.045.000 dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2018.

“Pembangunan talud ini menjadi prioritas, mengingat tebing sungai lonsor dan jalan penghubung itu padat digunakan untuk lalulintas warga,” katanya.

Selain mengganngu arus lalu lintas, juga menimbulkan kekawatiran pengguna pengguna jalan, menggingat jalan sebagian amblas karena longsor.

Menurut Warsito pembangunan dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kerja (TPK), secara bertahap menyesuaikan keuangan desa.

“Pembangunan dilaksanakan dengan cara melibatkan masyarakat, atau sering disebut padat karya. Akhir dari sebuah pembangunan adalah kesejahteraan masyarakat, dengan keterlibatan masyarakat sekitar, minimal memberi pekerjaan sementara bagi mereka, dan yang lebih penting mereka ikut mengawasi pekerjaan sehingga akan tepat mutu,” katanya


Selasa, 24 April 2018