Dekranasda Banyumas Serahkan 200 Paket Sembako Ke Pengrajin

Kabupaten Banyumas

Dekranasda Kabupaten Banyumas bersama Sub Badan Musyawarah Perbankan Daerah Jateng, Wilayah Purwokerto, menyerahkan 200 paket bantuan sembako kepada pengrajin UKM yang terkena dampak pandemi Covic 19. Para pengrajin yang diberi bantuan ini adalah mereka yang aktif mengirim produk di gerai Dekranasda untuk dipasarkan dan dibawah binaan Dekransda Kabupaten Banyumas.

Ketua Dekranas Kabupaten Banyumas Ny Erna Husein dengan didampi oleh Seksi Sosial Sub Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jateng Wilayah Purwokerto Esti, menyerahkan 200 paket bantuan sembako kepada pengrajin UKM yang terkena dampak pandemi Covic 19. Penyerahan itu dilakukan secara simbolis oleh ketua Dekranasda kepada sepuluh perwakilan pengrajin di Pendopo Sipanji Purwokerto, Kamis (30/04/2020).

Bantuan paket sembako tersbut merupakan bantuan dari Sub Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jateng Wilayah Purwokerto senilai lima belas juta rupiah.

Ketua Dekranasda mengucapkan terima kasih kepada BMPD yang telah membantu para pengrajin untuk meringankan beban mereka dan ikut memperpanjang keberlangsungan mereka. Bantuan yang diberikan, menurutnya sangat membantu meringankan pengrajin Banyumas khusnya tenaga kerjanya, dimana dalam satu bulan terakhir mereka tidak berproduksi dan tidak bekerja karena tidak ada lahan untuk pemasaran.

Lebih lanjut, Erna Husein mengatakan bahwa pandemi Covic 19 ini sangat berdampak pada berkurangnya pesanan konsumen pada produk-produk yang dihasilkan pengrajin sehingga otomatis penghasilan pengrajin juga berkurang.

Meski ada yang masih bisa bertahan produksi mereka belum bisa menjual barang-barangnya. Ketua Dekranasda ini berharap, wabah Covic ini segera berakhir sehingga kondisi bisa pulih seperti biasa,

Menurutnya diluar sana masih banyak pengrajin yang belum mendapatkan bantuan. Pihaknya terus mengajak kepada semua pihak untuk dapat bersama-sama bergotong royong membantu masyarakat yang saat ini sangat membutuhkan. Dia berharap, semoga pandemi Covid-19 segera berlalu sehingga mereka bisa mendapatkan pendapatan seperti biasa


Jumat, 01 Mei 2020