Jalan Gunung Tugel Ambles, Gunakan Jalur Utama

Kabupaten Banyumas

Jalan Gunung Tugel Ambles, Gunakan Jalur Utama

PURWOKERTO - Jalur alternatif yang menghubungkan Purwokerto dengan Banyumas ambles di Gunung Tugel, Desa Kedungrandu, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Binamarga Kabupaten Banyumas, Irawadi usai pengecekan mengatakan panjang ruas jalan menikung yang ambles tersebut sekitar 35-50 meter dengan kedalaman sekitar 20-80 centimeter dan lebar retakan berkisar 10-15 centimeter.

"Kami menduga amblesnya jalan itu akibat konsentrasi air yang masuk melalui retakan yang terjadi sebelumnya sudah jenuh sehingga tanahnya tidak mampu lagi bertahan," katanya.

Irawadi juga mengatakan kondisi tanah di sekitar lokasi jalan yang ambles itu labil sehingga mudah bergerak. “Hal ini terlihat tanah sawah di bagian bawah jalan yang ambles juga terlihat adanya retakan” katanya.

"Kami masih melakukan kajian lebih lanjut terkait kondisi jalan tersebut, termasuk mendatangkan tenaga ahli

Sobri salah seorang warga didekat lokasi mengatakan jalan ambles itu terjadi sejak Senin dini hari setelah diguyur hujan sejak Minggu (1/2) sore hingga malam.

"Sebelumnya memang sudah ada retakan di ruas jalan itu sehingga ambles secara bertahap namun sejak dini hari tadi, amblesnya semakin dalam dan parah sehingga sangat berbahaya bila dilalui kendaraan roda empat atau lebih," katanya.

Pengalihan Jalur

Guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan, petugas dari Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Banyumas bersama Dinhubkominfo berjaga di sejumlah titik guna mengarahkan kendaraan roda empat atau lebih yang hendak melintas di ruas jalan alternatif Purwokerto-Banyumas itu.

Kabid Lalulintas Dinhubkominfo Sriyono mengajak kepada masyarakat yang akan berpergian dari arah Purwokerto tujuan Banyumas, Yogyakarta, Cilacap, maupun Bandung diarahkan untuk melintas jalur utama Sokaraja-Banyumas atau Tanjung-Rawalo. Namun sebaliknya, kendaraan dari arah Banyumas, Yogyakarta yang hendak menuju Purwokerto lewat Gunung Tugel ketika sampai di pertigaan Kaliori diarahkan untuk tetap berada di jalur utama yang melewati Sokaraja. 

Serta kendaraan dari arah Cilacap, Bandung ketika sampai di pertigaan Patikraja akan diarahkan untuk tetap melalui jalur utama yang melewati Tanjung.

"Jalan Alternatif, kalau mau masuk Purwokerto bisa lewat Sokaraja. Kendaraan-kendaraan yang akan menuju jalan alternatif itu terutama yang roda empat atau lebih diarahkan untuk lewat jalur utama. Kalau kendaraan roda dua untuk sementara masih bisa melintas," katanya

Pihaknya menucapkan terima kasih kepada warga yang berinisiatif berjaga di sekitar lokasi ambles guna mengantisipasi kemungkinan adanya kendaraan roda empat yang nekat melintas meskipun di ujung jalan sudah ditutup

Parsito : Pemberitaan dan Dokumentasi.


03 02 2015 09:49:58