DCKKTR AKAN MEREMAJAKAN POHON PENEDUH

Kabupaten Banyumas

DCKKTR AKAN MEREMAJAKAN POHON PENEDUH

Pemerintah Kabupaten Banyumas akan melakukan peremajaan pohon peneduh yang berada sejumlah ruas jalan. Sedikitnya 336 bibit pohon disiapkan untuk mengganti pohon yang saat ini sebagian sudah tua dan rapuh.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR), Zahnir ketika ditemui Rabu (28/1) mengatakan, di beberapa jalan sudah banyak pohon peneduh yang sudah berusia tua dan lapuk. Kondisi seperti ini berpotensi mencelakakan orang karena bisa roboh.

“Selain membahayakan orang, pohon-pohon peneduh lama tersebut juga merusak infrastruktur. Akar-akarnya keluar dan merusak trotoar. Selain itu daun-daunnya juga mengotori jalanan dan menyumbat saluran air,” katanya

Menurut Zahrir, pohon peneduh yang sekarang merupakan pohon yang ditanam antara tahun 1991 sampai 1992. Keberadaaan pohon-pohon tersebut kini lebih banyak sisi negatifnya dibandingkan manfaatnya. “Pada musim hujan rata-rata sebanyak empat hingga enam pohon peneduh yang berusia tua tumbang setiap bulannya,” ujarnya.

Adapun untuk mengganti keberadaan pohon tua tersebut pihaknya telah menyiapkan bibit mahoni sebanyak 336 batang untuk ditanam. “Rencananya, penanaman akan dilaksanakan mulai Februari mendatang dengan pertimbangan masih dalam kondisi musim hujan” katanya.

Karena keterbatasan personel yang dimiliki penebagangan dilakukan secara bertahap melihat kondisi lapangan, demikian juga untuk penamanan pohon pengganti.

Zahnir mengatakan bahwa keseluruhan petugas pertamanan ada 30 orang. “Namun yang khusus untuk merawat dan menebang pohon hanya ada enam orang,” jelasnya.

 

 

 


30 01 2015 10:43:06