Pegiat Bank Sampah Belajar Pembuatan Paving Block Plastik

Kabupaten Banyumas

Uji coba Bupati Banyumas Achmad Husein yang mengolah sampah plastik menjadi paving block, menarik perhatian para pegiat Bank Sampah Kabupaten Banyumas. Mereka melihat dan belajar cara pembuatan paving block tersebut yang berlokasi di halaman belakang rumah dinas bupati, Kamis (10/06/2021).

Dengan dipimpin oleh Pengelola Bank Sampah Pramuka Peduli Kwarrcab Banyumas, Sakirun, sebanyak dua belas orang ini memperhatikan secara detail langkah-langkah pembuatan paving. Bahkan beberapa diantara mereka ikut terlibat membantu pembuatan paving tersebut.

Saat ini formula paving masih dalam tahap konsultasi dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pengelola Bank Sampah Pramuka Peduli Kwarrcab Banyumas, Sakirun mengaku setelah melihat informasi melalui medsos Bupati Banyumas tentang uji coba pengolahan sampah plastik menjadi paving block, pihaknya berkomunikasi dengan pengelola bank sampah untuk bisa melihat dan juga belajar.

“Melalui grup WA saya memberi informasi akan belajar, dan mendapat respon dari beberapa pengelola antara lain Bank Sampah Suka Mandiri Pasir Wetan Karanglewas, Bank Sampah Srikandi Sehat Desa Cirahab Lumbir, Bank Sampah Inyong Desa Kutasari Baturraden, Bank Sampah Tirta Mukti Desa Kemutug Lor Baturraden dan Bank Sampah Maju Resik Pekuncen. Dan secara mandiri kami berdua belas datang kesini,” jelas Sakirun.

Usai menyaksikan dan belajar pembuatan paving, menginpirasi Sakirun dan kawan-kawan untuk memanfaatkan residu plastik yang saat ini sudah tidak bermanfaat dan masih berserakan dikampung-kampung.

“Setelah saya berkomunikasi, ternyata 1 meter paving block ada 36 biji membutuhkan sebanyak 12 kg sampah. Ini kesempatan baik untuk mengurangi sampah plastik di pedesaan,” lanjutnya

Sebelum uji coba pengolahan sampah plastik menjadi paving block ini, Bupati Banyumas juga sudah melakukan pengolahan sampah plastik menjadi bahan campuran aspal.


Kamis, 10 Juni 2021