Jalin Persaudaraan Gudep MI Ma'arif NU Pageraji Bersilaturahmi ke MIN 1 Cilacap

Kabupaten Banyumas

Dalam rangka mengimplementasikan program sahabat madrasah yang di gagas oleh Kakanwil Kemenag Jawa Tengah yang di lounching setahun yang lalu di Banyumas, 40 orang pembina pramuka gugus depan MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok berkunjung dan bersilaturahmi ke Gugus Depan Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN) 1 Cilacap yang terletak di desa Pekuncen Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap, Kamis (16/12/2021). Kegiatan disambut dengan meriah oleh tarian anggota Barung Hijau Gudep MIN 1 Cilacap dan para pembina

Ketua Mabigus MI Ma’arif NU 1 Pageraji Akhmad Thontowi, M.Pd.I mengatakan selain sebagai sarana silaturahim, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi para pembina gudep MI Ma’arif NU 1 Pageraji dalam meningkatkan kompetensi kepramukaan.

"Yang melatar belakangi kunjungan Silaturahim ke MIN 1 Cilacap adalah karena MIN 1 Cilacap dalam kegiatan lomba pramuka beberapa tahun terakhir selalu memperoleh prestasi baik tingkat kwarcab maupun tingkat kwarda, sehingga gudep MI Ma’arif NU 1 Pageraji memandang perlu ngangsu kawruh agar prestasi lomba pramuka dapat direbut Kembali karena beberapa event lomba tingkat kwarcab pada tahun ini tidak bisa tembus 3 besar. Padahal 3-5 tahun yang lalu Gudep MI Ma’arif NU 1 Pageraji bisa mengikuti lomba tingkat kwrada, antara lain Persari 2017, Jambore Penggalang 2018, Juara 1 Pramuka Garuda golongan siaga tingkat Kwarda Jawa Tengah tahun 2017," katanya

Ketua bMabigus MIN 1 Cilacap Ellys Setyawati, S.Pd. MM. pada kesempatan sambutan ucapan selamat datang, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan silaturahim dari Gudep MI Ma’arif NU 1 Pageraji.

"Silaturahim ini memberikan kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar MIN 1 Cilacap karena beberapa prestasi yang telah diraih oleh MIN 1 Cilacap, baik dalam bidang akademik, non akademik dan kepramukaan informasinya sudah sampai luar kabupaten," katanya.

Menurutnya keberhasilan tersebut merupakan hasil kerja keras pendidik dan tenaga kependidikan sebagai team work yang kompak untuk mencetak prestasi anak didik.

Acara semakin hangat dan meriah Ketika salah satu pembina siaga Mukholidin, S.Pd.I. M.Pd, memaparkan kiat-kiat sukses Gudep MIN 1 Cilacap dalam memperoleh beberapa kejuaraan tingkat kwarcab dan kwarda. Diawali dengan beberapa permainan pramuka siaga, para pembina dari MI Ma’arif NU 1 Pageraji dan MIN 1 Cilacap terhipnotis dalam canda dan tawa pada saat mendengarkan pemaparan tersebut.

"Kesuksesan Gudep MIN 1 Cilacap dalam meraih prestasi antara lain karena adanaya dukungan semua steakholder baik guru, tenaga kependidikan, orang tua murid dan system pembinaan anggota pramuka yang termenej dengan baik," jelasnya

Akhmad Thontowi, M.Pd.I


Kamis, 16 Desember 2021