Lomba Keterampilan Siaga, Tanamkan Siaga Cinta Lingkungan

Kabupaten Banyumas

Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Baturraden Banyumas melaksanakan Lomba Gelar Keterampilan Siaga (LKGS) Sabtu 26 Februari 2022 di kompleks SDN 1 Pamijen. Mereka yang mengikuti kegiatan itu ada 90 pramuka siaga dari 45 barung. Peserta bersaing dalam bidang lomba melukis pot bunga.

"Kegiatan ini untuk menyiagakan dasar pembinaan karakter kepada pramuka golongan siaga. Awal pondasi Pramuka itu dari siaga, sedangkan lomba keterampilan melukis untuk memberi ruang, bagi mereka yang mempunyai bakat melukis," kata Ketua Kwarran Baturraden Sugiyanti

Dalam kesempatan itu, pihaknya mengajak peserta lomba keterampilan itu bersaing secara sportif dan mengikuti ketentuan yang ada. Mereka diminta bersahabat dengan lingkungan, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan selalu mematuhi protokol kesehatan.

Sementara, Ketua Panitia Lomba Gelar Keterampilan Siaga, Hidayaturrohman mengatakan, tujuan kegiatan itu menanamkan dan meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan. Mengingat nantinya pot akan digunakan untuk menanam.

"Dengan menanam berarti mengamalkan Dasa Darma kedua cinta alam dan kasih sayang sesama manusia," katanya

Dari hasil lomba bertemakan Kreatif, Gembira dan Bersahabat itu, juara I kategori putra adalah SDI Al-Azhar, juara 2 SDN 2 Kemutug Kidul dan juara 3 SDN 1 Kemutug Lor.

"Ada pun, juara 1 kategori putrinya diraih SDN 2 Ketenger, juara 2 SDN Karangmangu fan juara 3 SDN Kebumen," pungkas Hidayaturrohman.


Minggu, 27 Pebruari 2022