Person in Charge (PIC) OPD di Kabupaten Banyumas Mengikuti Pelatihan Pengelolaan LaporGub

Kabupaten Banyumas

PURWOKERTO-Pelatihan Pengelolaan LaporGub untuk Person in Charge (PIC) di Perangkat Daerah Kabupaten Banyumas yang dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Kab.Banyumas Agus Nurhadie, Kepala Dinkominfo Kab.Banyumas Yayah Setiyono, Kabid E Government Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Ishwahyudi, Kabid Informatika Komunikasi Publik Heri Purwanto dan PIC Perangkat Daerah Kabupaten Banyumas di Pendopo Si Panji, Selasa (06/12/22).

LaporGub merupakan Portal Laporan Pengaduan Online Provinsi Jawa Tengah Merupakan wujud nyata dari keinginan pemerintah untuk mengakomodasi aspirasi warga masyarakat se-Jawa Tengah. Kabupaten Banyumas juga mempunyai Portal Laporan Online untuk wilayah Kabupaten Banyumas saja, masyarakat bisa secara aktif menyampaikan aduan, keluhan, informasi, pertanyaan maupun saran terhadap pelaksanaan pembangunan dan pengelolaan pelayanan daerah di lingkungan Kabupaten Banyumas. Sama dengan LaporGub hanya saja Lapak Aduan Banyumas menangani untuk wilayah Kabupaten Banyumas saja.

Tujuan diadakannya pelatihan ini yaitu memberikan edukasi kepada PIC di Perangkat Daerah terkait program kegiatan dan dituntut mampu mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat untuk membangun sebuah sistem komunikasi komunikasi yang bersifat dua arah antara Pemerintah dengan Masyarakat.

Dalam sambutannya Agus Nurhadie menyampaikan bahwa penanganan aduan sangat penting  dan strategis bagi sarana bagi masyarakat untuk berkomunikasi dengan Pemerintah.

“Penanganan aduan menjadi sangat penting dan strategis  untuk berkomunikasi antara masyarakat dan Pemerintah serta menyalurkan berbagai aduan, sarana , pendapat, maupun uneg-uneg terkait pelayanan publik yang dilakukan oleh Pemerintah.” Ungkapnya.

Yayah Setiyono selaku Kadin Dinkominfo Kab.Banyumas juga menyampaikan ada 65 OPD yang integrasi baik vertikal maupun horisontal  dalam program layanan lapak aduan, sehingga masyarakat bisa  mengadukan apapun masalahnya.

“Masyarakat akan diberikan keleluasaan berkomunikasi melalui Whatsapp, Facebook, Instagram, SMS, Twitter, Email ataupun  datang langsung ke sekretariat lapak aduan.”katanya.

Dalam pemateriannya Ishwahyudi selaku Kabid E Government Diskominfo Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa dengan adanya portal pengaduan online layanan menjadi mudah, murah, cepat dan tuntas.

“Aparatur Mudah Ditemui Rakyat, Tidak Mempersulit, Dan Menggunakan Teknologi Digital, Tanpa Pungutan Liar, Respon Yang Cepat dan Masalah Terselesaikan.” Ujarnya.

 

Pada fitur LaporGub V.2.0 terdapat penambahan beberapa fitur selain aduan yaitu ada Warteg Jateng (Warta Berita Jateng), Agenda Jateng (Kalender Kegiatan di Jateng) dan Panggilan Darurat. Penambahan fitur tersebut berguna untuk mengantisipasi berita hoax, Informasi Hiburan bagi masyarakat Jawa Tengah sehingga Pelaku UMKM, sektor ekonomi diharapkan dapat menarik pelaku UMKM untuk berpartisipasi dalam event tersebut sehingga dapat meningkatkan ekonomi UMKM.

Ishwahyudi berpesan bahwa PIC di Perangkat Daerah juga harus mempunyai Jiwa Birokrasi Kasual yang sempat disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yaitu Jiwa Pelayan Rakyat yang gesit dan komit sebagai sebuah kultur Public Service.


Selasa, 06 Desember 2022