Tingkatkan Ekonomi Kreatif Melalui Kerajinan Makrame

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS - Dalam rangka pemberdayaan dan peninggkatan ekonomi kreatif keluarga, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Banyumas menggelar pelatihan keterampilan pembuatan kerajinan cantik makrame atau kerajinan Tali.

Sebanyak 40 anggota Dharma Wanita dari seluruh instansi di Kabupaten Banyumas hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Sipanji tersebut pada Senin 29 Mei 2023.

"Kerajinan makrame ini adalah seni kerajinan yang memanfaatkan tali dan benang untuk menciptakan aneka ragam aksesoris dan produk, Kerajinan makrame ini menggunakan tali kur yang mudah ditemukan di pasaran," ungkap Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Banyumas Ny. Rahayu Widianti Wahyu Budi Saptono.

Kerajinan makrame dari tali kur dapat dibuat berbagai barang dengan motif yang unik dan cantik seperti tas, gantungan kunci, gantungan pot dan sebagainya.

“Hasil kerajinan dari makrame ini bisa dihargai dengan ratusan ribu rupiah karena kualitasnya yang bagus dan juga tahan air. Maka, keinginan dan kemampuan agar dapat menambah penghasilan rumah tangga yang dimiliki oleh anggota Dharma Wanita maka diberi ilmu keterampilan agar dapat meningkatkan pendapatannya," tambah Ny Rahayu

Pelatihan keterampilan makrame ini dilakukan dengan metode participatory learning menitikberatkan pada learning by doing, dengan cara melatih, membina, dan mempraktekan. Melalui pelatihan ada tiga kegiatan yakni menimbulkan keinginan dan kemauan para mitra untuk meningkatkan pendapatan rumah tangganya, peningkatan keterampilan tali makrame menjadi barang yang bernilai ekonomis.

"Saya berharap setelah mendapat pelatihan, selain bisa untuk ketrampilan diri, juga agar ditularkan kepada anggota lain di kelompoknya agar bisa membentuk kelompok usaha kerajinan tali Makrame," pungkasnya.


Jumat, 02 Juni 2023