Ribuan Warga Lumbir Serbu Pasar Murah TMMD

Kabupaten Banyumas

Ribuan Warga Lumbir Serbu Pasar Murah TMMD

Ribuan warga Desa Lumbir Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, menyerbu Pasar murah yang digelar dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 117 Tahun Anggaran 2023 yang digelar oleh Kodim 0701/Banyumas, Rabu 12 Juli 2023 di Lapangan Desa Lumbir Kecamatan Lumbir. Pada kegiatan ini puluhan stand menawarkan belanja murah mulai dari paket sembako, juga tersedia beras, gula pasir, minyak, bawang merah, dan bawah putih. Untuk produk sandangnya berupa baju layak pakai, serta produk hasil keterampilan.

Bahkan untuk lansia dan warga tidak mampu, mendapatkan sembako gratis yang diberikan oleh Baznas Banyumas, BRI dan Bank Jateng.

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono didampingi Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T, M. Han, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Husein dan Forkompinda turut menyaksikan warga yang berbelanja. Wakil Bupati mengucapkan terima kasih kepada satuan kerja perangkat daerah, badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, organisasi wanita, dan swasta yang ikut bagian dalam pasar murah mendikung kegiatan TMMD. Ia berharap kegiatan pasar murah dapat membantu meringankan beban warga sekitar kegiatan TMMD.

"Pada kegiatan pasar murah ini sedikitnya menghadirkan lebih dari 24 stand. Terdiri atas Stand Dinas Perdagangan, Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Pertanian dan KP, Dinsospermades, Dinas Perdagangan, PDAM, Perumdam Tirta Satria, Perusda Pasar Satria, BKK Purwokerto, Perum Bulog, Bank Indonesia, Bank Jateng, BRI Purwokerto, OJK, Dharmawanita, PKK Kabupaten, Persit, Bhayangkari, Gabungan Organisasi Wanita dan lainya," katanya.

Semua barang yang dipasarkan lebih murah dari harga pasaran. Bahkan ada ratusan paket dengan nilai Rp 75 ribu rupiah dijual dengan Rp 25 ribu saja. Ada juga pakaian bagus pakai yang disediakan organisasi wanita dalam hitungan menit sudah habis karena dibandrol 5000 rupiah saja.

Kepala Desa Lumbir Suwarjo, mengaku senang dengan adanya kegiatan pasar murah karena dapat meringankan beban masyarakatnya. Karena harga yang ditawarkan dibawah harga pasar.

"Alhamdulillah kegiatan pasar murah sangat membantu warga. Memgingat mereka masih banyak yang membutuhkan," katanya.

Senada disampaikan salah satu warga RT 2 RW 3 Desa Lumbir Indri yang mengatakan bahwa pasar murah sangat membantu warga yang membutuhkan.

"Pasti sangat membantu, karena ada kupon murah bahkan gratis. Tadi saya membeli baju dan melihat barang dengan harga murah," katanya.

Melalui penyelenggaraan pasar murah diharapkan warga masyarakat kurang mampu khususnya di Desa Lumbir Kecamatan Lumbir dapat terbantu dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, mengingat barang-barang yang dijual pada pasar murah ini harganya jauh lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan harga pasar umum.


Rabu, 12 Juli 2023